Memaksa Domain Mengarah ke IP Tertentu

Saturday, November 5th 2016. | Domain, Tutorial

Saya kesulitan membuat judul, intinya kita akan mengarahkan domain untuk menampilkan data di hosting tertentu, tanpa merubah name server dari domain tersebut, sehingga pada saat pindahan data website tetap online.

Contoh kasus, saat kita ingin memindahkan website dari hosting A ke hosting B, maka sebelum kita arahkan name server hosting B, maka harus kita pastikan dahulu bahwa data website yg dipindahkan ke hosting B  sudah bekerja dengan sempurna, tanpa error. Maka kita akan memaksa komputer kita untuk menampilkan domain pada data di hosting B, ini hanya berlaku untuk komputer kita saja. Orang lain tetap bisa mengakses domain tersebut karena name server masih mengarah ke hosting A.

Cara Memaksa Domain mengarah ke IP tertentu :

Dengan menambahkan ip pada etc host di komputer kita, berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Langkah 1. Tanyakan kepada hosting B, berapa IP server yang Anda beli untuk domain yang ingin anda pindahkan, namun biasanya sudah ada di email aktivasi hosting.

Langkah 2. Buka Windows Explorer pada komputer Anda, lalu Pilih Drive C: >> Pada folder Windows >> System32 >> driver >> etc >> dan cari file host

etc-host

Langkah 3. Copy file tersebut lalu paste kemana saja misal ke My Documents, Lalu buka file tersebut menggunakan Notepad. Cara membukanya anda klik dua kali pada file tersebut lalu pilih notepad.

notepad

Langkah 4. Tambahkan IP dan nama domain anda pada file tersebut

skrip-etc

Langkah 5. Simpan file tersebut dengan klik pada Notepad File >> Save as >> Pilih All Files, sehingga file tersebut tidak berubah menjadi host.txt namun tetap dengan format file yang sama dengan sebelumnya.

saveetc

Langkah 6. Copy file yang sudah anda tambahkan IP dan nama domain tersebut, ke file semula di C: Windows>> System32 >> driver > etc . Bila muncul kotak dialog, pilih Copy & Replace, Lalu Save

replace

Setelah itu, coba akses nama website Anda, apakah sudah menampilkan data yang ada di hosting B atau belum, Bila belum coba hapus cache di browser Anda, dan restart komputer dan akses kembali domain Anda. Untuk mememastikan coba ping nama website Anda apakah sudah mengarah ke IP di server B. Bila sudah, berarti anda telah bisa melihat data website Anda di hosting B, dan bila telah siap dan tidak error, Anda bisa mengarahkan name server ke hosting B.

Untuk Pelanggan Sinarweb, anda tidak perlu melakukan itu, anda tinggal minta tolong kepada kami untuk pemindahan data website anda dari hosting lama ke Sinarweb, dan kami akan berusaha untuk membantu Anda. Namun adakalanya Anda ingin tahu dan bisa mengerjakan sendiri, maka kami persilakan. Demikian tutorial ini semoga bermanfaat.