Hapus Cache di Browser dan Flus DNS

Saturday, May 21st 2016. | Pemula, Tutorial

Beberapa tips berikut ini sangat bermanfaat bagi pelanggan Sinarweb yang baru saja membeli domain dan hosting. Saat pembayaran dilakukan dan konfirmasi pembayaran ke kami, maka domain dan hosting akan segera aktif. Tetapi sebaiknya Anda jangan langsung mengakses domain anda dari browser, tunggulah beberapa saat hingga domain dan hosting telah aktif, baru diakses dari browser. Untuk memastikan domain + hosting aktif anda bisa melakukan ping terhadap domain tersebut.

1. Cara melakukan Ping

  • Klik START
  • Ketik CMD  atau COMMAND
  • Ketik perintah berikut : ping domainmu.com lalu Enter.
  • Bila hasilnya menunjukkan angka IP tertentu berarti domain dan hosting telah aktif
  • Bila masih time out berarti domain atau hosting belum aktif.

Bila anda terlanjur mengakses domain anda sebelum domain dan hosting aktif, maka browser anda akan membekas pada tampilan domain hosting yang belum aktif. Umumnya dalam setengah atau satu hari akan normal kembali dan bisa diakses.

2. Cara Cek Apakah Domain sudah aktif

Ketik sana nama domain Anda di sinarweb.com, bila domain tersebut tidak tersedia berarti sudah aktif. Untuk lebih memastikan lagi bahwa domain tersebut aktif atas nama Anda cek di who.is cek juga dengan whois.icann.org , whois.netwhois.domaintools.com  atau  fasilitas whois lainnya. Nama dan email anda akan tertera pada whois tersebut bila domain yang anda beli telah aktif. Bila di whois satunya belum aktif, cek di whois lain.

3. Cara Cek apakah Hosting sudah aktif

Silakan login ke cpanel dengan password yang diberikan oleh Sinarweb, bila anda berhasil login ke cpanel berarti hosting telah aktif. Umumnya hanya butuh beberapa menit, hosting yang dibeli dari Sinarweb akan segera aktif.

4. Domain Hosting Telah Aktif tetapi tidak bisa diakses

Nah, penyebabnya adalah pada saat domain dan hosting belum aktif, anda terburu-buru mengakses dari browser, sehingga browser anda membekas (cache) pada tampilan yang belum aktif. Cache bisa terjadi pada browser yang anda gunakan untuk mengakses. Cobalah mengakses dari browser lain. Bila tidak bisa juga cobalah clear cache pada browser anda.

a. Clear Cache di Browser

Untuk menghapus cache (bekas) di browser mozila firefox, silakan klik CTRL + SHIFT + DEL lalu pilih Everithing dan contreng pada cache.  dan klik Clear Now

Untuk menghapus cache (bekas) di Google Chrome Tekan CTRL + SHIFT + DEL pada jendela yang muncul pilih the beginning of time di Obliterate the following items from, kemudian contreng Empty the cache, dan klik Clear browsing data.

Untuk menghapus cache pada browser Opera : Klik tombol Opera > Settings. Pada jendela yang muncul, pilih Privacy & security dan klik clear browsing data. Muncul kotak dialog, contreng pada Empty the cache dan pada Obliterate the following items from pilih the beginning of time.

Untuk menghapus cache pada browser Internet Explorer : Tekan CTRL + SHIFT + DEL pada jendela yang muncul, centang Temporary Internet Files and Website Files. Lalu klik Delete.

Bila setelah clear cache masih tidak bisa maka kemungkinan masih membekas pada koneksi internet yang anda pakai.

b. Cek dengan web proxy

Pada posisi komputer anda tidak bisa mengakses domain, maka anda bisa mengecek dari web proxy. Silakan diakses dari beberapa penyedia web proxy berikut :

  • www.webproxy.ca
  • www.webproxy.net
  • www.zalmos.com/google-proxy
  • www.vpnbook.com/webproxy

Bila website anda telah tampil via web proxy, berarti dipastikan bahwa sebenarnya domain dan hosting telah aktif namun hanya komputer anda saja yang belum tampil. Sabar saja, ditunggu pasti nanti juga akan tampil dengan sendirinya.

c. Flush DNS

Bila di browser tidak membekas, kemungkinan masih membekas di dns komputer anda, coba lakukan flush dns dengan cara berikut ini :

  • Klik START
  • Ketik CMD  atau COMMAND
  • Ketik perintah berikut : ipconfig /flushdns lalu Enter.
  • Restart komputer Anda (jangan sampai lupa).

d. Install browser baru

Bila telah di flush DNS dan ternyata masih tidak bisa, jangan panik, sekali lagi jangan panik. Ini hanya permasalahan yang terjadi karen bekas cache di komputer anda. Komputer lain tidak ada masalah, buktinya bisa dilihat dari web proxy.

Cobalah install browser baru untuk lebih meyakinkan anda, lalu cobalah akses dari browser baru tersebut. Browser baru yang lumayan bagus adalah Comodo. Anda bisa mendownload disini :

https://www.comodo.com/home/browsers-toolbars/browser.php

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda, khususnya pelanggan Sinarweb yang telah membeli domain dan hosting dari kami. Jangan lupa like facebook kami untuk mendapatkan update info terbaru dan tutorial menarik lainya.